Delft Blauw

Delftware atau Keramik Delft, juga dikenal sebagai Delft Blue (Belanda: Delfts blauw), adalah keramik bernuansa warna biru dan putih dengan lapisan glasir timah tipis yang dibuat di kota Delft dan sekitarnya di Belanda sejak abad ke-16.

Delftware dalam pengertian terakhir adalah salah satu jenis keramik atau faience berkilau timah serta penerapan glasir putih, biasanya dihiasi dengan logam oksida. Ini juga merupakan bagian dari keluarga keramik biru dan putih di seluruh dunia, menggunakan variasi dekorasi tumbuhan yang pertama kali dikembangkan pada porselen Cina abad ke-14, dan sangat diminati di Eropa. Delftware menyajikan objek keramik dari semua deskripsi seperti piring, ornamen, dan ubin/tegel. Periode produksi paling tua adalah sekitar tahun 1640-1740.

Keramik timah-glasir paling awal di Belanda dibuat di Antwerp di mana perajin Italia Guido da Savino menetap pada tahun 1500. Pembuatan keramik yang dicat menyebar dari Antwerp ke Belanda utara, khususnya karena karung Antwerpen dari pasukan Spanyol pada tahun 1576 (the Spanish Fury). Kemudian produksi dikembangkan di Middelburg dan Haarlem pada tahun 1570-an dan di Amsterdam pada tahun 1580-an. Sebagian besar karya yang lebih halus diproduksi di Delft, tetapi keramik-keramik sederhana sehari-hari dibuat di tempat-tempat seperti Gouda, Rotterdam, Haarlem, Amsterdam dan Dordrecht.

Periode awal keramik timah-glasir di Belanda adalah pada tahun 1640-1740. Dari sekitar 1640, Delft potters mulai menggunakan monogram pribadi dan tanda/identitas pabrik (marking) yang khas.

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss